Cara Mudah dan Lengkap Menggunakan Twitter

Kali ini saya bagikan khusus buat anda yang baru saja selasai membuat akun di twitter ataupun bagi saudara yang sudah punya account tweet tapi masih bingung atau tidak tahu bagaimana cara penggunaan situs jejaring sosial yang sangat terkenal itu di dunia ini. sebenarnya cara pengunaan twiter ini sangatlah mudah, sama halnya jejaring sosial yang ada di internet lainya seperti facebook, mungkin hanya saja anda baru mengenalnya atau belum terbiasa sehingga anda masih bingung. Ok tanpa panjang lebar inilah Tips dan Trik Cara Mudah Menggunakan Twitter
Sebelum terjun langsung ke cara penggunan, mungkin ada baiknya daeng sedikit mengulas tentang istilah-istilah yang kerap digunakan dalam berinteraksi di Twitter, hehehe :) Berikut ini adalah beberapa istilah penting yang harus kita ketahui sebagai pengguna Twitter:

Simbol  / Istilah
Definisi
@
Tanda @ digunakan untuk memangil nama pengguna dalam tweet
Avatar
Gambar Profil Sobat
Reply / Balasan
Sebutan tweet yang dikirim sebagai balasan untuk pesan pengguna lain, biasanya dikirim deng meng-klik “balas/reply” dan selalu dimulai dengan @namapengguna
Unfollow
Untuk berhenti mengikuti pengguna Twitter lain. setelah Unfollow, maka tweets mereka tidak akan muncul di tmeline sobat
Bio
Deskripsi singkat yang digunakan untuk menjelaskan siapakah Sobat di twitter
List/ Daftar
Grup yang dikuratori oleh pengguna twitter lain (kelompok dalam Twitter)
Favorites/ Favorit
Menandai sebuah tweet menjadi salah satu favorit dengan cara mengklik bintang kuning.
#FF
merupakan singkatan dari “Follow Friday”. berarti mempromosikan orang yang menarik untuk diikuti pada hari jumat.
#
merupakan simbol hastag. Digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah tweet
Follow / Ikuti
mengikuti seseorang di twitter berarti berlangganan Tweet atau pembaruan mereka di situs twitter.
Follower / Pengikut
Pengguna twitter lain yang telah mengikuti Sobat
DM / PL
Singkatan dari Direct Message (DM) atau Pesan Langsung (PL).  Merupakan tweet yang bersifat pribadi hanya diantara pengirim dan penerima.
Retweet (RT)
Meneruskan tweet ke mereka yang menjadi Follower/ pengikut sobat.
Mention / Sebutan
Menyebutkan pengguna lain dalam tweet sobat dengan menyertakan tanda @namapengguna
Tweet
Pesan yang dikirim via twitter yang beisi 140 karakter
Tweeter / Twitterer
Pemegang akun di twitter

Tweet: yang 1 ini kalau ga tau maksutnya, oh sungguh terlaaaalu #kataBangHaji. Dalam bahasa Indonesia Tweet memiliki terjemahan kicauan, sedangkan dalam Twitter Tweet berarti segala sesuatu yang kita post di Twitter, baik itu berupa tulisan, gambar maupun video.

ReTweet (RT): di Twitter Pak RT itu lebih berkuasa dari Pak RW, eh kok malah ngomongin Pak RT sama Pak RW, hehe. Jadi bagini, di Twitter itu cuma ada RT tapi tidak ada RW icon biggrin istilah dan simbol dalam twitter yang harus anda ketahui Jadi kekuatan dari RT itu sangat dahsyat.
ReTweet adalah mengulang apa yang ditweet oleh orang lain, sehingga tweet tersebut akan terlihat oleh follower dan begitu seterusnya maka dengan meng-RT sebuah tweet akan menyebar kemana-mana.
Penulisan ReTweet yaitu dengan cara menambahkan RT pada tweet diikuti dengan @(username) dan kata-kata yang ingin diulang.

Hash Tags (#): karena Twitter hanya menyediakan 140 karakter untuk berkicau, maka akan sulit untuk menelusuri tweet yang bersambung, misalnya membahas sebuah topik yang spesifik tentang Pekanbaru, maka digunakanlah Has Tags, penggunaan dengan cara menambahkan karakter (#) di kata Pekanbaru menjadi #Pekanbaru.
Selain itu kita akan mudah menelusiri tweet yang mempunyai topik tertentu, misal #preneurPKU, ketika disearch tweets tentang preneurPKU akan ada di list hasil pencarian.

TrendingTopics (TT): topik yang sedang heboh dibicarakan oleh Tweeple (pengguna Twitter) pada saat ini (real time). Misalnya pada post ini dipublis TrendingTopics (TT) untuk kawasan Indoesia adalah Hahaha icon biggrin istilah dan simbol dalam twitter yang harus anda ketahui dan Sunday Morning.
Sementara itu untuk TT dunia adalah #ireallymiss, #SignsThatILoveYou, #cuandoerapequeño, National Hug Day. Topik yang sering dibicarakan oleh Tweeple Indonesia sering masuk TT dunia lho. Secara Tweeple Indonesia cukup mendominasi.

Direct Message (DM): seperti hal nya Private Message (PM), di Twitter ada istilah Direct Message yang disingkat DM. Pengiriman pesan pribadi yang tidak ingin dibaca oleh Tweeple lainnya.

CONTOH DALAM PEMAKAIANNYA


@Fandy Have Gimana kabare Masbrow..!

@Vivanews Ini beritanya manteb banget, cekidot ahh..!!!

bisa juga seperti ini

Have fun malem mnggu ma @Rangga jgn lpa bngkus gak pake cabe.!!

@nytimes: India Tightens Tourist Visa Rules http://bit.ly/7StSRO
# (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh pemakaian:
#masakecilkurangbahagia ngantri di dufan, kepanasan bareng @Narji narsis abis
@NajwaShihab: Hd nice chat with Luna Maya. Curhat soal twitter & infotainment : ) Watch lengkapnya di #matanajwa http://tweetphoto.com/7001611
RT adalah simbol untuk istilah ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berartisobat menerbitkan ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.
Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @DuniaKomputer trik untuk mengakali RTO (request time out) http://bit.ly/aHjKO
Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan RT ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook). Contoh: Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT @khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.
OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.
Contoh pemakaian: OH Inidia foto hot n macho pemain bola dunia
HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.
demikianlah beberapa istilah dan simbol dan Cara Menggunakan Twitter Baru YANG Paling Mudah itu. dengan seringnya anda menggunakan akun tersebut maka akan lebih mahir/bisa dengan sendirinya, Tak Kenal Maka Tak Sayang :)


0 komentar:

Posting Komentar