Tips Membuat Password yang Aman dan Tidak Diketahui Orang Lain




Password adalah kata sandi yang digunakan dalam melindungi privasi seseorang/sesuatu hal, bayangkan bila password anda dapat diketahui atau diakses oleh seseorang/institusi yang berkepentingan terhadap privasi anda ! Tentu akan sangat menjengkelkan bila hal itu terjadi. 

Sebagian orang di dunia hanya menggunakan rangkaian password yang mudah ditebak, seperti "12345678",  "abcdefg" atau bahkan hanya nama depan dan tanggal lahir. Mereka tidak mengerti akan pentingnya rangkaian password yang harus dibuat dan terkesan asal buat saja. Untuk itu karena saya anak yang baik dan jarang mandi (ehh, keceplosan) saya akan bagikan beberapa tips membuat password yang aman dan tidak diketahui orang lain, berikut ulasannya :

1. Minimal 8 Karakter

 

Selain ini dianjurkan oleh kebanyakan penyedia situs, hal ini juga dianggap dapat meminimalkan aksi pembobolan password. Tapi menurut saya sebaiknya Anda menggunakan lebih banyak karakter lagi (10-20 karakter) agar semakin sulit diketahui.

2. Kombinasi Antara Angka, Huruf dan Simbol

 

Penggunaan kombinasi angka, huruf, dan simbol secara teknis akan lebih menyulitkan orang lain dalam membobol password Anda, contohnya : Apabila ingin memasukkan huruf S maka alternatif karakter penggantinya ialah Angka 5 atau Simbol Dollar ( $ ).

3. Hindari Kata yang Mudah Ditebak

 

Sebisa mungkin menghindari kata-kata / bahasa yang mudah ditebak baik itu bahasa yang bersifat umum maupun yang bersifat personal, contohnya : Nama Pemilik Akun, Nama Keluarga, Tanggal Lahir, Kota Tempat Tinggal, Olahraga Favorit, Nama Pacar / Suami-Istri, dll.

4. Mengganti Password Secara Terjadwal

 

Berilah waktu Anda untuk mengganti password secara berkala atau kalau perlu secara terjadwal karena hal ini akan sangat membantu mencegah pembobolan password Anda secara tiba-tiba, dalam hal ini anggap saja seseorang telah terlanjur mengetahui password akun Anda namun Anda belum menyadari hal tersebut, nahh disinilah pentingnya mengganti password secara berkala karena apabila Anda mengganti password sebelum orang yang mengetahui password tersebut membuka akun Anda maka berarti password yang diketahui oleh orang tersebut secara otomatis tidak berfungsi lagi.

5. Mudah Diingat

 

Sehebat-hebatnya password yang telah Anda buat tidak akan berguna apabila Anda melupakan password tersebut, hal ini sering terjadi bagi kebanyakan orang. Jadi buatlah karakter password yang mudah diingat !

6. Ssstt.. Jangan Bilang Siapa-Siapa Yah !

 

Hehehe sepertinya tips yang ini terkesan aneh dan asal-asalan tapi jangan menganggap remeh dulu, apa gunanya Anda mengikuti 5 tips di atas bila nantinya Anda sendiri yang memberi tahu orang lain password tersebut ke saudara, teman atau bahkan pacar Anda sendiri yang dianggap "orang yang tidak berbahaya" bila mengetahui password tersebut. Asumsikanlah bahwa selain Anda sendiri maka tak ada orang yang dapat dipercaya.



        Itulah beberapa tips dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dan mohon memberi komentar atas tips di atas, Wassalam.

1 komentar: