15 Tips Menghemat Baterai Handphone




Tips ini sangat cocok untuk orang yang sering mengeluh karena daya tahan baterainya sangat lemah,tentu akan sangat menjengkelkan hati bila harus sering kali handphone kita di isi (charge). Bahkan tidak sedikit orang yang harus rela gonta-ganti baterai atau bahkan harus membeli powerbank yang tentu harus mempunyai budget tambahan. Secara pandangan umum tentu kita bertanya " untuk apa membeli apabila kita masih bisa mencegah baterai handphone kita rusak ?".

Nahh, setelah saya mencari dari beberapa sumber terpercaya (hehe) maka dari itu kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk anda agar handphone kita dapat terawat dan dapat mencegah dari kerusakan, berikut 15 tips-nya :

1. Matikan Handphone Disaat Pengisian Baterai (Charging)

Terkadang hal ini menjadi bahan perdebatan, ada yang tidak setuju dan tidak sedikit pula yang membenarkan hal ini. Pada dasarnya baeterai memiliki arus masuk & arus keluar, coba bayangkan bila anda mengisi baterai hp disaat anda menggunakan hp tersebut ! tentu arus masuk & arus keluar dilaukan pada saat yang bersamaan, hal inilah yang membuat posisi baterai dalam keadaan tidak maksimal.

2. Jangan Mengisi Baterai Disaat Daya Baterai Kosong

Bila daya baterai dalam posisi kosong maka elemen-elemen unsur dalam baterai akan mengalami drop, pada saat akan diisi maka baterai tersebut harus bekerja keras untuk pengoptimalan dalam mengisi elemen-elemen tersebut sehingga hal ini dianggap dapat merusak beberapa elemen baterai yang terkait. 

3. Jangan Membiasakan isi Baterai Melalui USB Komputer

Sederhana saja, me-charge/mengisi baterai melalui kabel data yang tersambung ke komputer atau laptop memiliki frekuensi yang berbeda dibanding standardisasi yang ada, jadi jangan membiasakan ha itu terjadi.

4. Minimalkan Penerangan Layar (Brightness)

Tidak Semua merk hp menyediakan kecerahan layar yang bagus, namun beberapa diantaranya seperti android telah menggunakan teknologi Super Amoled. Namun, layar hebat ini termasuk faktor terbesar baterai hp android Anda terkuras, jadi rendahkanlah pada kondisi gelap dan naikan sedikit saja bila kondisi ruag terlalu terang.

5. Matikan Wifi dan Bluetooth

Hal ini sering terlewat oleh para pengguna hp android, yaitu mematikan WiFi. Saat tidak memerlukan koneksi WiFi sebaiknya kita mematikan koneksi WiFi kita. Karena bila WiFi hidup maka hp android kita akan terus aktif mencari sinyal WiFi dan hal ini akan membuat terkurasnya baterai hp android. Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, fasiltas untuk kita dapat bertukar data ini sebaiknya dimatikan bila kita tidak sedang memerlukannya, toh menyalakannya juga tidak repot yaitu dengan Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon bluetooth.

6. Matikan GPS

Fasilitas GPS pada hp android seperti kita tahu sangat berguna untuk mencari jalan atau kita sedang tersesat, namun pada pemakaiannya GPS termasuk jarang kita gunakan karena kita jarang tersesat kan (hehe), jadi sebaiknya matikan saja fitur GPS yang ada di pengaturan (setting).

7. Matikan Fitur Sync

Hp android memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun bila Anda sedang tidak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau diperjalanan maka sebaiknya matikan fitur sync ini, namun konsekuensinya Anda tidak akan menerima notifikasi-notifikasi tersebut. Jangan khawatir, Anda tetep bisa melihat update terbaru dengan masuk ke aplikasi  yang Anda ingin lihat updatenya.

8. Matikan Applikasi yang Masih Berjalan

Untuk tips ini dapat digunakan pada jenis hp seperti android, bila pengguna handphone membuka begitu banyak aplikasi maka dapat dimatikan dalam satu tekan saja yaitu di "aplikasi aktiv".

9. Kurangi Volume Suara Handphone

Untuk point yang satu ini mungkin sangat umum digunakan pada semua ponsel, hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada hp dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai.

10. Batasi Bermain Game

Satu hal yang perlu diketahui bahwa permainan (game) yang ada pada handphone memerlukan daya yang lebih banyak dibanding pada saat aktivitas normal penggunaan hp, sehingga batasilah bermain game.

11. Sewaktu Membeli Handphone, Perhatikan Kapasitas Daya Baterai

Terkadang ada beberapa orang yang secara tidak sengaja menyalahkan "si pembuat hp" karena telah memproduksi handphone yang kapasitas daya baterainya tidak cukup besar, namun pertanyaannya "mengapa anda ingin beli bila anda sudah tahu kapasitas baerainya ?". Jadi perhatikan dahulu daya baterai handphone yang anda ingin beli.

12. Gunakan Charger (Alat Pengisi Baterai) yang Sesuai dengan Merk Handphone

Tidak sedikit pengguna hp yang meremehkan hal ini, mereka terpaksa me-charge handphonenya walau charger yang digunakan tidak sesuai dengan merk handphone itu sendiri, akibatnya storm yang masuk pada baterai tidak sesuai dengan yang dibutuhkan baetari tersebut. 

13. Gunakan Aplikasi/Software Hemat Energi Baterai yang Mendukung Perangkat Handphone

Aplikasi-aplikasi yang tersedia pada pusat download pada hp android kini banyak yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan menghemat baterai hp android Anda. Contohnya adalah Task Killer atau Baterai Dr. Saver, kedua aplikasi ini berkonsep sama yaitu mematikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang yang tidak terlihat, dengan aplikasi yang tertupu tentunya hp android Anda tidak bekerja terlalu keras sehingga baterai pun dapat lebih dihemat.

14. Penempatan Suhu Baterai yang Sesuai

Perlu juga diperhatikan bahwa baterai membutuhkan suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, untuk lebih tepatnya anda boleh mencari referensi sendiri mengenai batas suhu baterai yang dibolehkan (hehe, karena saya juga lupa).  

15. Beli Charger Original

Jangan berharap barang yang anda beli selalu original walaupun tempat anda membeli itu sangat terpercaya, charger original mempunyai frekuensi yang sesuai standar dengan daya masuk ke baterai sehingga bila charger palsu atau abal-abal maka dapat dijamin baeterai anda tidak bertahan lama.

Demikian sedikit tips dari "Daeng Erhil", semoga bermanfaat bagi anda sekalian dan sy mohon kritik / saran atas postingan di atas agar jalan kebenaran lebih terang terlihat (hehe, lebay)... 

Beri Komentar yah :)

2 komentar: